Membangun pemuda / pemudi untuk mengenal ajaran islam lebih dalam. Membina silahtuhrrahim terhadap semua elemen umat islam. Membangun sikap positif dan membuka wawasan umat tentang sistem dakwah dalam dunia islam. Memahami arti pentingnya fungsi lingkungan islami dalam membentuk pribadi umat masa depan. Menggapai ridho Allah dan syafa’at Rosulullah SAW sebagai hasil dari aktifitas kebaikan yang terus menerus sedang kita lakukan. Menjaga budaya Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan menjaga budaya islam yang diajarkan oleh orang tua kita terdahulu.

2 Jenis Malas



Malas itu ada 2 macam. "Kashlul akli wa kashlul badan" Kata para ulama, malas itu ada 2 macam.

Pertama Kashlu al Akli, malas akal. Maksudnya malas akal gimana? malas mikir.

Nggak ngaji? aduh ntar ceramahnya susah bikin puyeng yaudah deh nggak usah. Ini contoh males mikirnya.

Ada anak-anak kita dikasih PR, udah deh males. Model seperti itu males juga. Hal yang tidak pernah mikir paling demen. Kalau diajak mikir materi dikit males dia. Tapi kalau penceramahnya banyol, ngelucu, apalagi pakai jorok paling demen dah tuh rame. Kenapa? karena tidak pakai pikir. Nah ini namanya kashlul akl.

Asal kashlu itu malas, kahlul akli artinya malas berpikir. Ini hati-hati kalau kita sering malas berpikir kepala kita menjadi pusing. Apalagi kalau sekolah kita malas mikir, kita gak lulus-lulus sekolahnya.

Kedua, Kashlul Badan atau malas badan. Nggak mau ngaji. Badan yang bikin males, mikir sih enggak. Enggak dhuha? males nih badan bergerak, mau apa-apa males. Ini namanya kashlul badan.

Baik urusan dunia maupun urusan akhirat males badan. Jadi kata-kata males disebutkan dalam Al-Qur'an ada 2 kali. Surat An Nisa dan Surat At Taubah.

Kalau bicara arti males dibagi menjadi 2 yaitu malas berpikir dan malas badan.

Dikutip dari Habib Abdurrahman bin Ahmad Assegaf
Baca juga :




Subscribe to receive free email updates:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *