Membangun pemuda / pemudi untuk mengenal ajaran islam lebih dalam. Membina silahtuhrrahim terhadap semua elemen umat islam. Membangun sikap positif dan membuka wawasan umat tentang sistem dakwah dalam dunia islam. Memahami arti pentingnya fungsi lingkungan islami dalam membentuk pribadi umat masa depan. Menggapai ridho Allah dan syafa’at Rosulullah SAW sebagai hasil dari aktifitas kebaikan yang terus menerus sedang kita lakukan. Menjaga budaya Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan menjaga budaya islam yang diajarkan oleh orang tua kita terdahulu.

Hati Masih Suka Gelisah dan Susah Tenang? Begini Cara Mengatasinya


Hati Masih Suka Gelisah dan Susah Tenang? Begini Cara Mengatasinya

Allah subhanahu wa ta'ala mengingatkan dalam firman-Nya,

اَلَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا وَتَطۡمَٮِٕنُّ قُلُوۡبُهُمۡ بِذِكۡرِ اللّٰهِ‌ ؕ اَلَا بِذِكۡرِ اللّٰهِ تَطۡمَٮِٕنُّ الۡقُلُوۡبُ

"Yaitu orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram." 
(QS. Ar-Ra'd: 28)

Siapa yang Allah kehendaki taufiq kepadanya maka Allah mudahkan dirinya banyak mengingat Allah sehingga hatinya menjadi tenteram tidak dibayang-bayangi oleh kegelisahan dan ketakutan.

Maka kiat mengatasi kegundahan hati dan kesempitannya hanyalah dengan mengingat Allah karena hanya Allah yang menguasai hati hamba-Nya dan yang paling utama adalah,
  1. Merealisasikan tauhid yaitu dengan mempelajarinya dan menjernihkannya dari segala jenis syirik, maksiat dan dosa.
  2. Mendirikan shalat sesuai petunjuk Nabi shallallahu 'alaihi wasallam di samping shalat fardhu shalat yang sunnah terutama shalat malam.
  3. Menghadiri majelis ilmu karena Allah akan menurunkan kepadanya sakinah, rahmat, dinaungi malaikat, dan Allah menyebut-nyebut dirinya di antara penduduk langit.
  4. Mentadabburi Al-Qur'an yaitu membaca Al-Qur'an dengan mempelajari kandungan maknanya dan mengamalkannya.
  5. Berdoa, beristighfar, bershalawat kepada Nabi, dan banyak berdzikir yang disertai penghayatan akan keagungan Allah dan kesucian-Nya.
  6. Duduk bersama orang-orang shaleh agar dapat wejangan mereka.
Semua itu asupan bergizi bagi hati yang akan menguatkannya, menenangkannya, mempertebal keimanan, dan mengusir segala penyakitnya.

Jika hati tidak diisi dengan mengingat Allah maka lambat laun hati itu akan mengeras seperti batu, sukar menerima nasihat, dan yang dipikirkannya hanya hal-hal yang tidak berguna.
Semoga ALLAH senantiasa membimbing kita dengan hidayah dan taufiqNya.
Baca juga :




Subscribe to receive free email updates:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *