Membangun pemuda / pemudi untuk mengenal ajaran islam lebih dalam. Membina silahtuhrrahim terhadap semua elemen umat islam. Membangun sikap positif dan membuka wawasan umat tentang sistem dakwah dalam dunia islam. Memahami arti pentingnya fungsi lingkungan islami dalam membentuk pribadi umat masa depan. Menggapai ridho Allah dan syafa’at Rosulullah SAW sebagai hasil dari aktifitas kebaikan yang terus menerus sedang kita lakukan. Menjaga budaya Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan menjaga budaya islam yang diajarkan oleh orang tua kita terdahulu.

CERITA HIKMAH PARA SALAF DALAM MENYIKAPI FITNAH YANG MENIMPA MEREKA



CERITA HIKMAH PARA SALAF DALAM MENYIKAPI FITNAH YANG MENIMPA MEREKA 

جاء رجل لخالد بن الوليد فقال له ان فلانا شتمك فقال: "تلك صحيفته فليملأها بماشاء
Datang seseorang kepada sayidina Kholid bin Walid RA lalu berkata:" si fulan telah mencaci makimu..."
maka beliau menjawabnya:" semua kata-kata caciannya akan tertulis pada buku catatannya amal perbuatannya, maka itu haknya terserah dia mau di isi apa saja.."

قال رجل لوهب بن منبه: إن فلانا شتمك! قال: "أما وجد الشيطان رسولا غيرك ؟!".
Datang seorang laki-laki hendak mengadu domba kepada sayidina wahab bin munabih RA:" sesungguhnya si fulan telah mencelamu" lalu malah dibalikan ucapannya dengan berkata: "apakah syetan tidak dapat menemukan utusannya (untuk menyampaikan fitnah) selainmu!?"

جاء رجل إلى علي بن الحسين فقال له: إن فلانًا قد آذاك، ووقع فيك. قال: "إن كان ما قال فيّ حقًا، فغفر الله لي، وإن كان ما قال فيَّ باطلاً، فغفَر الله له."
Datang seseorang kepada imam ali zainal abidin bin imam husein RA lalu berkata:" sesungguhnya si fulan telah menyakitimu dan menjelek-jelekanmu"
Maka dijawab oleh beliau: "Apabila apa yang diucapkannya tentangku itu benar apa adanya maka semoga Allah mengampuni kejelekanku tersebut, dan apabila semua ucapannya tentangku itu bathil / tidak benar maka semoga Allah mengampuni kesalahannya.."

قال أحدهم لرجل: فلان شتمك فقال: "هو رماني بسهم ولم يصبني فلماذا حملت السهم وغرسته في قلبي؟".
Berkata seseorang kepada seorang laki-laki yang sabar :" si fulan telah menjelek-jelekanmu"
Lalu dijawabnya: "Dia telah melempar cacian anak panahnya dan tidak sampai langsung kepadaku lalu (setelah kau menyampaikannya padaku) kenapa aku harus memungut anak panah tersebut lalu aku tancapkan dihatiku agar terluka!?"

جاء رجل بنميمةٍ إلى أحد الصالحين فقال له : "جئتني بثلاث جِنايات ؛ باعدتَ بيني وبين أخي وشغلتَ قلبي الخالي وأفسدتَ مكان نفسك في نفسي!"‏‎.
Datang seseorang hendak mengadu Donna kepada salah seorang dari golongan orang-orang shaleh, maka orang sholeh tersebut membalikan dengan ucapannya:" Engkau telah mendatangkan kepadaku dengan 3 kesalahan
1. Engkau telah menjauhkan antaraku & antara saudaraku
2. Engkau telah menyibukkan hatiku yang tadinya kosong (tidak ada masalah)
3. (Dengan perbuatanmu ini) Engkau tidak berasa telah merusak kedudukanmu dalam diriku

جاء رجل إلى الشافعي فقال له فلان يذكرك بسوء فأجابه: "إذا صدقت فأنت نمام و إذا كذبت فأنت فاسق" فخجل وانصرف.
حفظنا الله واياكم من القيل والقال
Datang seseorang kepada imam Syafi'i RA seraya berkata: "si fulan telah menyebutkan hal-hal yang buruk tentangmu"
Maka beliau menjawab: "Apabila ucapanmu itu semua benar apa adanya maka secara tidak langsung engkau telah menjadi seorang pengadu domba (memindahkan ucapan orang lain sehingga terjadi permusuhan) , dan apabila ucapannya itu tidak benar maka engkau telah menjadi orang fasiq (berdosa) karena telah menyebabkan fitnah.... Maka orang tersebut malu dan meninggalkan imam syafi'i

Semoga kita dijaga oleh Allah swt dari perkara itu semua
dan waspadalah dari omongan orang-orang yang ucapannya katanya begini, katanya begitu...


source picture: https://generasisalaf.files.wordpress.com/2013/05/habib-ulama-aswaja.jpg




Baca juga :




Subscribe to receive free email updates:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *