Membangun pemuda / pemudi untuk mengenal ajaran islam lebih dalam. Membina silahtuhrrahim terhadap semua elemen umat islam. Membangun sikap positif dan membuka wawasan umat tentang sistem dakwah dalam dunia islam. Memahami arti pentingnya fungsi lingkungan islami dalam membentuk pribadi umat masa depan. Menggapai ridho Allah dan syafa’at Rosulullah SAW sebagai hasil dari aktifitas kebaikan yang terus menerus sedang kita lakukan. Menjaga budaya Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan menjaga budaya islam yang diajarkan oleh orang tua kita terdahulu.

Malam Nisfu Sya'ban Karomah Wa Maghfiroh



Bagi kalian yang belum mengetahui apa Malam Nisfu Sya'ban dan keistimewaannya mari kita simak penjelasannya. Malam Nisfu Sya'ban adalah malam dibukanya 300 pintu rahmat dan ampunan oleh Allah SWT. Nisfu Sya'ban memiliki arti pertengahan bulan Syaban dan diperingati setiap tanggal 15 bulan kedelapan dari kalender Islam. Di Indonesia, Malam Nisfu Syaban sering diperingati dengan ibadah khusus karena kurang lebih setengah bulan lagi akan bertemu dengan bulan Ramadhan.
Malam Nisfu Sya'ban merupakan malam di antara malam lain yang terkabulnya doa seorang hamba jika kita melakukan amalan amalan yang diajarkan datuknya Rasulullah SAW, malam yang memiliki keistimewan tersendiri.

1. Malam penuh keberkahan, Malam Nisfu Sya'ban dikenal dengan kata Lailatul Mubarokah, dimana Malam Nisfu Sya'ban terdapat kedekatan para malaikat dengan manusia.

2. Malam pembagian atau Lailah Al-Qismah adalah malam pembagian dan penentuan rizki. Dalam hadits riwayat Atha' bin Yasar yang mengatakan, "Jika datang malam Nisfu Sya'ban, Malaikat maut menulis nama yang akan mati dari Sya'ban ini sampai Sya'ban yang akan datang".

3. Malam penghapus dosa malam ini dinamakan Lailah At-Takfir karena pada malam ini Allah SWT mengampuni dosa manusia selama setahun,

4. Malam dikabulkan doa keistimewaan malam Nisfu Sya'ban yang lain adalah malam dikabulkan doa atau Lailah Al-Ijabah. Merupakan malam pembagian dan penentuan rizki.

Hal ini dalam hadits Ibnu Abbas disebutkan, "Lima malam tidak akan ditolak doa di dalamnya, Malam Jumat, Malam Pertama dari bulan Rajab, malam Nisfu Syaban, malam Lailatul Qadar, malam hari raya Idul Adha dan Idul Fitri." 5. Malam Pengampunan Selain itu, malam nisfu Sya'ban 2022 juga disebut malam pengampunan atau Lailah Al-Ghufran. Malam ini adalah pengampunan dan dibebaskan dari neraka.

Ijazah Al Habib Ali bin Ahmad bin Thalib Al Atthas Pekalongan
Baca juga :




Subscribe to receive free email updates:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *