Membangun pemuda / pemudi untuk mengenal ajaran islam lebih dalam. Membina silahtuhrrahim terhadap semua elemen umat islam. Membangun sikap positif dan membuka wawasan umat tentang sistem dakwah dalam dunia islam. Memahami arti pentingnya fungsi lingkungan islami dalam membentuk pribadi umat masa depan. Menggapai ridho Allah dan syafa’at Rosulullah SAW sebagai hasil dari aktifitas kebaikan yang terus menerus sedang kita lakukan. Menjaga budaya Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan menjaga budaya islam yang diajarkan oleh orang tua kita terdahulu.

Minum Kopi Nikmat dan Berpahala




Seperti yang kita lihat di jaman sekarang kopi merupakan minuman hits di kalangan anak muda. Sudah banyak sekali kedai dan tempat nongkrong digandrungi oleh pemuda karena rasa aroma kopi yang nikmat dan juga memiliki banyak manfaat. Pada asalnya kopi sama dengan minuman-minuman yang lain akan tetapi kopi dipandang lebih oleh banyak orang bahkan ulama sekalipun. 

Hal itu karena kopi mengandung zat yang bisa menjadikan orang tahan rasa ngatuk, segar dan berenergi. Oleh karenanya banyak dari kalangan sufi yang senang ngopi karena bisa membuat tidak ngantuk di malam hari.

Istilah kopi sebenarnya sudah dikenal pada masa ulama terdahulu. Terbukti kita temukan beberapa karya ulama yang khusus membahas mengenai kopi dan para ulama menyanjung minuman kopi. Sebagaimana yang kita ketahui Imam Ibnu Hajar, beliau mengatakan, "Kopi bisa menghilangkan galau bahkan bisa menarik asrar (rahasia Allah)".

Dimana kita mengingat sesuai dengan kepercayaan ahlul sunnah wal jamaah bahwa mimpi seorang Aulia yang bertemu dengan Rasulullah itu merupakan keistimewaan. 

Kisah mimpi seorang aulia yang bertanya tentang amalan kepada Rasulullah SAW. Kisah salah satu Aulia Al Habib Ahmad bin Hasan Al Athos berbermimpi bertemu Rasulullah SAW dan beliau mengatakan dalam mimpi kepada Rasulullah SAW, "Wahai Rasullullah berikan saya amalan yang sebelumnya tidak pernah kau ucapkan", yang berarti tidak pernah sebelumnya ada di kitab hadist manapun, Rasulullah SAW mengucapkan 3 amalan kepadanya.

Rasulullah SAW mengatakan yang pertama, "Siapa yang memiliki tasbih dan itu ada di kantongnya, maka dia dihitung oleh Allah SWT sebagaimana orang yang mendapatkan pahala berdzikir meskipun ia tidak berdzikir kepada Allah SWT. 

Amalan yang kedua yaitu selama aroma kopi masih ada di mulut seseorang malaikat meminta ampun kepada orang tersebut karena kopi membuat seorang bersemangat dalam beribadah dan menghilangkan ngantuk. 

Amalan terakhir yang Rasulullah SAW sampaikan yakni sebagaimana kamu hadir dan duduk bersama aulia. Walau hanya sebentar, singkatnya seperti mengibaratkan kamu memeras susu kambing meskipun singkat itu lebih afdhol dan mendapatkan pahala seperti kamu beribadah diseluruh penjuru bumi. Dengan kisah istimewa tersebut serta hikmahnya maka para habaib ketika berdoa, ada doa Al Fatihah Fii sohibul gohwa".

Dengan amalan di atas semoga bisa menjadi hikmah bahwa kopi bukan hanya dijadikan teman nongkrong saja namum bisa kita niatkan untuk lebih semangat beribadah kepada allah SWT. Nafsu kita diberi kesenangan dahulu agar lebih khusyuk dalam menjalankan Ibadah kepada Allah SWT.
Baca juga :




Subscribe to receive free email updates:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *