Membangun pemuda / pemudi untuk mengenal ajaran islam lebih dalam. Membina silahtuhrrahim terhadap semua elemen umat islam. Membangun sikap positif dan membuka wawasan umat tentang sistem dakwah dalam dunia islam. Memahami arti pentingnya fungsi lingkungan islami dalam membentuk pribadi umat masa depan. Menggapai ridho Allah dan syafa’at Rosulullah SAW sebagai hasil dari aktifitas kebaikan yang terus menerus sedang kita lakukan. Menjaga budaya Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan menjaga budaya islam yang diajarkan oleh orang tua kita terdahulu.

Manaqib Al Habib Abu Bakar Assegaf Gresik


Manaqib Al Habib Abu Bakar Assegaf Gresik

Berikut adalah sekelumit catatan ringkas dari manaqib seorang pemimpin yang luhur, teguh dan kokoh bagai gunung dalam kebenaran, seorang imam, seorang yang ilmunya telah mencapai 'ainul yaqin ( عين اليقين ) dan haqqul yaqin ( حق اليقين ), seorang Quthb Tunggal ( القطب الفرد ), beliau adalah :

سيدنا الحبِيْبِ الْمَلاَذِ الْجَمِيْلِ الأَوْصَاف القطب الفرد ْ أَبِيْ بَكَرْ بن محمّد بن عمر السقاف

Beliau, al-Habib Abu Bakar bin Muhammad bin Umar as-Saggaf Maula Gresik berkata :
“Aku termasuk ahlu dark ( اهل الدرك ). Barang siapa yang memohon pertolongan Allah melalui aku, akan aku bantu. Dan barang siapa yang berada dalam kesusahan lalu memanggil namaku, maka aku akan segera datang kepadanya dengan izin Allah.”

Jauh bertahun-tahun sebelum kelahiran beliau, Shohibul Maulid al-Quthb al-Habib Ali bin Muhammad bin Husein al-Habsyi (Seiwun) telah memberikan bisyaroh (kabar gembira) akan kelahiran seorang wali besar yang bernama Abu Bakar. Habib Ali berkata kepada seorang muridnya, “Ada 3 orang kekasih Allah yang namanya sama, haliyah/keadaannya sama, dan maqomnya pun sama. Yang pertama sudah di alam barzakh, yaitu al-Quthb al-Habib Abu Bakar bin Abdullah al-Aydrus al-Adni. Yang kedua pernah kau lihat di masa kecilmu, yaitu al-Quthb al-Habib Abu Bakar bin bin Abdullah bin Thalib al-Atthas. Dan yang ketiga akan kau lihat di akhir hidupmu.” Ketika di akhir hidupnya, murid dari Habib Ali tersebut bermimpi berjumpa dengan Rasulullah ﷺ selama 5 malam berturut-turut, di akhir mimpinya, Rasulullah ﷺ berkata, “Aku bersama dengan cucu kesayanganku, yaitu Abu Bakar as-Saggaf.”

Dikatakan, “Jika engkau memiliki hajat yang besar dan mendesak, bertawassullah dan kirimkan Fatihah kepada empat orang Abu Bakar, mereka adalah :
1. Sayyidina Abu Bakar ash-Shiddiq radhiyAllahu 'anhu.
2. Sayyidina al-Habib Abu Bakar bin Abdullah al-Aydrus al-Adni radhiyAllahu 'anhu.
3. Sayyidina al-Habib Abu Bakar bin Abdullah bin Thalib al-Atthas radhiyAllahu 'anhu.
4. Sayyidina al-Habib Abu Bakar bin Muhammad as-Saggaf radhiyAllahu 'anhu.
Maka semua hajat dan keinginanmu akan segera dikabulkan dan diberikan kemudahan, insya Allah.”

Manaqib al-Imam al-Quthb al-Habîb Abû Bakar bin Muhammad bin Umar as-Saggâf. Beliau adalah Sayyidina al-Habib al-Maladzil Jamil al-Aushof al-Quthbul Fard Abû Bakar bin Muhammad bin ‘Umar bin Abû Bakar bin Imâm Wâdî al-Ahqâf al-Habîb ‘Umar bin Saggâf bin Muhammad bin Umar bin Thoha bin Umar ash-Shofi bin Abdurrahman bin Muhammad bin Ali bin Abdurrahman as-Saggâf bin Muhammad Mauladdawilah bin Ali bin Alwi al-Ghuyur bin Sayyidina al-Imam al-Ustadz al-A’zham al-Quthb al-Ghauts al-Karam al-Faqih al-Muqaddam Muhammad bin Ali Ba 'Alawi bin Muhammad Shohib Mirbath bin Ali Khali' Qasam bin Alwi bin Muhammad bin Alwi bin Ubaidillah bin Ahmad al-Muhajir bin Isa ar-Rumi bin Muhammad an-Naqib bin Ali al-'Uraidhi bin Ja'far ash-Shodiq bin Muhammad al-Baqir bin Ali Zainal Abidin bin al-Husain as-Sibt bin Sayyidina Ali bin Abi Thalib wa Sayyidatina Fathimah az-Zahra binti Sayyidina Muhammad ﷺ.

Beliau lahir di kota Besuki, Jawa Timur, pada tanggal 16 Dzul Hijjah 1285 H. Beliau kemudian dibawa ayahnya pindah ke Gresik. Tak lama setelah tinggal di kota itu, ayahnya meninggal dunia. Mendengar berita ini, neneknya yang shâlihah di Hadhramaut, Fâthimah binti ‘Abdullâh ‘Allan meminta agar Abû Bakar kecil dikirimkan ke Hadhramut.

Pada tahun 1293 H., Abû Bakar berangkat ke Hadhramaut dalam usia 8 tahun ditemani seorang saleh dari kenalan keluarganya yang bernama Syeikh Muhammad Bazmul. Kedatangannya di Seiwûn disambut oleh paman, yang sekaligus gurunya, ‘Abdullâh bin ‘Umar as-Saggâf. Kemudian beliau tinggal bersama Habîb Syeikh bin ‘Umar bin Saggâf as-Saggâf. Habib Abu Bakar termasuk orang yang mahfudz, tidak pernah terlintas untuk berbuat maksiat kepada Allah sedikitpun di hatinya, dan beliau juga istiqomah melakukan sholat tahajjud sejak masih kanak-kanak. Dan sejak masih kanak-kanak pula, Rasulullah ﷺ sering menemui beliau dalam mimpi. Di Hadhramut, hati para kaum arifin yang memiliki basiroh yang tajam melihat nur yang sangat terang pada diri Habib Abu Bakar as-Saggaf hingga mereka pun mencurahkan perhatiannya kepada Habib Abu Bakar.

Guru-guru beliau di Hadhramut adalah para wali agung, seperti Shohibul Maulid al-Imam al-Quthb al-'Arifbillah al-Habib Ali bin Muhammad bin Husein al-Habsyi (Syeikhun Nadzor), al-Waliy al-Mukasyif al-Habib Abdul Qadir bin Ahmad bin Quthban as-Saggaf (Syeikhul Futuh), Habib Abdullah bin Umar as-Saggaf (Syeikhut Tarbiyah), al-Imam al-Quthbul Makiin al-Habib Muhammad bin Idrus al-Habsyi (Syeikhut tasliik), Habib Muhammad bin Ali as-Saggaf, Habib Idrus bin Umar al-Habsyi, al-Quthb al-Habib Ahmad bin Hasan al-Atthas, Habib Abdurrahman bin Muhammad al-Masyhur, Habib Ali bin Abdurrahman al-Masyhur, dan juga al-Quthb al-Habib Syeikh bin Idrus al-Aydrus, dan lain sebagainya.
Habib Abu Bakar juga mendapat perhatian khusus dan pengawasan yang istimewa dari gurunya, al-Habib Ali bin Muhammad bin Husein al-Habsyi, sampai-sampai Habib Ali sendiri yang meminangkan beliau dan sekaligus menikahkannya. Sedangkan Habib Abdul Qadir bin Ahmad bin Quthban adalah Syeikhul Fath (guru yang membuka hijab beliau) dan sering memberi berita gembira kepada beliau, “Engkau adalah pewaris haliyah kakekmu, al-Imâm Wâdî al-Ahqâf al-Habîb ‘Umar bin Saggâf as-Saggâf.” Saat dipandang sudah mampu, al-Habib Abu Bakar as-Saggaf diperintahkan untuk dakwah dan mengajar di kota Hazm.

Setelah menuntut ilmu di Hadhramut, pada tahun 1303 H. beliau kembali ke pulau Jawa bersama Habîb ‘Alwî bin Saggâf as-Saggâf. Beliau lalu tinggal di kota Besuki selama kurang lebih 3 tahun. Di kota itu beliau mulai berdakwah. Tahun 1305 H., di usia 20 tahun, beliau pindah ke kota Gresik. Meski sudah menjadi lautan ilmu, beliau tetap merasa haus akan ilmu, hingga beliau menimba ilmu lagi kepada para guru-guru agung di Indonesia, seperti Habib Abdullah bin Muhsin al-Atthas, Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib al-Atthas, Habib Abu Bakar bin Umar bin Yahya, Habib Ahmad bin Muhsin al-Haddar, Habib Abdullah bin Ali al-Haddad Bangil, Habib Muhammad bin Idrus al-Habsyi, Habib Muhammad bin Ahmad al-Muhdhor, dan lain sebagainya.

Pada tahun 1321 H., ketika beliau menunaikan shalat Jum'at, datanglah ilhâmat Rabbâniyyah kepada beliau untuk ber-uzlah. Maka tunduklah hati beliau mengikuti perintah Allah. Seketika setelah beliau keluar dari masjid jami’ menuju rumah kediamannya, beliau uzlah/khalwat di sebuah bilik kecil di rumahnya. Berpisah dari manusia selama 15 tahun. Beliau mengasingkan diri dari keramaian duniawi dan godaannya; menghadapkan diri kepada keagungan Ilahi, bertawajjuh kepada Sang Pencipta Alam, dan selalu menyebut-nyebut asma-Nya di dalam keheningan. Selama itu pula beliau tidak menemui seorangpun dan tidak seorangpun dapat menemuinya. Hingga pada saat-saat tertentu, istri beliau, Hubabah Syifa' mengkhawatirkan jika beliau terkena sihir atau yang lain. Hubabah Syifa' sempat bertanya kepada banyak tabib, namun keadaan Habib Abu Bakar tidak berubah. Sampai suatu hari ketika datang guru beliau, Habib Abdul Qadir bin Ahmad bin Quthban as-Saggaf, Hubabah Syifa' menanyakan hal tersebut, dan Habib Abdul Qadir menjawab, “Jangan khawatir, bahkan setanpun tak bisa mendekatinya.”

Setelah berkhalwat dengan penuh kesabaran dan ketabahan selama 15 tahun, beliau pun akhirnya mendapatkan ijin untuk keluar dari uzlah-nya melalui isyarat dari guru beliau, Habîb Muhammad bin ‘Idrûs al-Habsyî.

Habîb Muhammad bin ‘Idrûs al-Habsyî berkata, “Kami memohon dan bertawajjuh kepada Allâh selama 3 malam berturut-turut untuk mengeluarkan Abû Bakar bin Muhammad as-Saggâf dari uzlahnya.”
Lalu Habîb Muhammad bin ‘Idrûs al-Habsyî menggandeng tangan Habib Abu Bakar as-Saggaf, kemudian bersama-sama menziarahi makam seorang wali besar, al-Habib Alwi bin Muhammad bin Hasyim as-Saggaf. Setelah itu mereka menuju ke kota Surabaya, ke kediaman al-Habib Abdullah bin Umar as-Saggaf. Sambil menunjuk kepada al-Habib Abu Bakar bin Muhammad as-Saggaf, al Habib Muhammad bin Idrus al-Habsyi memproklamirkan kepada para hadirin, “Ini al-Habib Abu Bakar bin Muhammad as-Saggaf termasuk mutiara berharga dari simpanan keluarga Ba ‘Alawi, kami membukanya agar bisa menularkan manfaat bagi seluruh manusia baik kalangan khos maupun kalangan awam.”

Setelah itu Habîb Abû Bakar membuka majlis taklim dan dzikir di kediamannya di kota Gresik. Masyarakat pun menyambut dakwah beliau dengan penuh semangat. Dalam majelisnya, beliau setidaknya telah mengkhatamkan kitab Ihyâ` ‘Ulûmiddîn sebanyak 40 kali. Setiap kali mengkhatamkan kitab tersebut, beliau biasanya mengundang masyarakat dan menyediakan jamuan untuk mereka. Orang-orang yang menghadiri mejelis beliau merasakan keberkahan yang luar biasa dari majelis beliau.
Ketika memimpin majelis, beliau selalu berpakaian rapi. Suatu hari beliau memakai jubah warna hijau, imamah putih dan rida` (selendang) yang indah dengan wajah berseri. Beliau berkata, “Aku memaksakan diri untuk berpakaian seperti ini, padahal sesungguhnya badanku saat ini dalam keadaan lemah. Semua ini untuk mengajarkan kepada kalian agar meneladani dan melestarikan kebiasaan leluhur kita yang saleh dalam berpakaian, dan agar selalu ada orang-orang yang berpegang teguh pada ajaran salaf dan mengikuti jejak mereka radhiyAllâhu Ta‘âlâ ‘anhum.”

Murid-murid beliau adalah para wali agung, seperti al-Quthb al-Habib Sholeh bin Muhsin al-Hamid Tanggul, al-Habib Muhammad bin Husein al-Aydrus Surabaya (Habib Neon), Habib Abdul Qadir bin Abdurrahman as-Saggaf Solo, Habib Abdul Qadir bin Ahmad Bilfagih Malang, dan lain sebagainya.
Suatu hari, ketika Habib Abdul Qadir Bilfagih hendak pulang ke Kota Malang, beliau dipesan oleh Habib Abu Bakar as-Saggaf agar membawa anaknya jika hendak ke Gresik untuk menimba Ilmu. Beberapa hari kemudian, Habib Abdul Qadir Bilfagih datang kembali ke Gresik dengan membawa anaknya. Ketika sampai di rumah Habib Abu Bakar, beliau sowan dan memperkenalkan anaknya yang bernama Abdullah bin Abdul Qadir Bilfagih.

Kemudian anak tersebut (Habib Abdullah) ditanya oleh Habib Abu Bakar, “Maukah engkau kutunjukkan alam Surga beserta isinya? Dikarenakan hatimu yang bersih ini… Dan lihatlah ke atas langit itu!”

Ketika Habib Abdullah Bilfagih mengarahkan pandangannya ke langit, bergetarlah sekujur tubuh beliau menyaksikan Surga dengan mata dzohir, hingga keringat beliau bercucuran dan jatuh pingsan karena tidak tahan melihat karomah Habib Abu Bakar as-Saggaf.

Dikatakan bahwa maqom (kedudukan) al-Habib Abu Bakar bin Muhammad bin Umar as-Saggaf telah mencapai tingkat Shiddiqiyah Kubro. Maqom puncak di mana tidak ada lagi maqom di atasnya kecuali kenabian. Hal itu telah diakui oleh para wali yang hidup sezaman dengan beliau.
Al-Imam al-Habib Muhammad bin Ahmad al-Muhdhor berkata, “Demi fajar dan malam yang sepuluh dan yang genap dan yang ganjil. Sungguh al-Akh Abu Bakar bin Muhammad as-Saggaf adalah mutiara keluarga Saggaf yang terus menggelinding (maqomnya), bahkan membumbung tinggi menyusul maqom-maqom para aslafnya (leluhurnya).”

Al-Habib Alwi bin Muhammad bin Thohir al-Haddad berkata, “Sesungguhnya al-Habib Abu Bakar bin Muhammad as-Saggaf adalah seorang Quthb al-Ghaust, juga sebagai tempat turunnya pandangan (rahmat) Allah SWT.”

Al-'Arif Billah al-Habib Ali bin Abdurrahman al-Habsyi pernah berkata di rumah al-Habib Abu Bakar as-Saggaf, dikala beliau membubuhkan tali ukhuwah antara beliau dengan al-Habib Abu Bakar as-Saggaf, sebuah pertemuan agung yang diwarnai dengan derai air mata. Di sana, Habib Ali berkata kepada para hadirin ketika itu, “Habib Abu Bakar as-Saggaf ini adalah Raja Lebah (Rajanya para Wali di zamannya). Beliau adalah saudaraku di jalan Allah. Pandanglah beliau, karena memandang beliau adalah Ibadah.”

Al-Habib Husein bin Muhammad bin Thohir al-Haddad berkata, “Sesungguhnya al-Habib Abu Bakar bin Muhammad as-Saggaf adalah seorang khalifah. Beliau adalah penguasa saat ini, beliau adalah pemimpin para Wali di masanya, beliau telah berada pada Maqom asy-Syuhud, yang mampu menyaksikan (mengetahui) hakekat dari segala sesuatu.”

Berkata Abah Guru Sekumpul, “Habib Abu Bakar as-Saggaf telah mencapai maqom Sahabat, karena sangat seringnya bertemu Rasulullah ﷺ dalam keadaan jaga.”

Di antara ucapan al-Quthb al-Habib Abu Bakar as-Saggaf adalah :
“Jika seorang wali meninggal, mereka pasti mengangkat seseorang untuk menggantikannya, mewarisi hal (keadaan)nya, dan menduduki kedudukannya. Jika pengganti yang terpilih belum memiliki kemampuan itu untuk menerima hal tersebut, mereka menitipkan hal tersebut kepada salah seorang wali sebagai wakil, sampai sang pengganti mampu untuk membawa sirr tersebut. Kadang-kadang Allah mengujinya dengan menggerakkan lisan masyarakat yang mengganggu harga dirinya, mencela dan menyakitinya, sehingga keadaannya menjadi sempurna dan menjadi mampu membawa sirr tersebut. Saat itulah mereka akan diberikan warisannya.”

Diriwayatkan bahwa beliau mengalami suatu penyakit yang parah hingga tampak bekas hitam di dada beliau. Hal ini dikarenakan beliau adalah Penyandang Bala' bagi umat manusia. Beliau berkata, “Apa yang kalian lihat menimpa diriku sebenarnya bukanlah musibah, itu adalah kenikmatan di atas kenikmatan, aku merasakan kesenangan dan kelezatan dengannya. Sedangkan rintihan, keluhan yang kalian dengar dariku hanyalah sesuatu yang manusiawi, pengakuan atas kelemahanku dan kebutuhanku kepada Allah SWT. Sekarang aku menikmati dua kesenangan. Nikmat sabar dan syukur.”

Beliau juga berkata, “Saat aku sakit, al-Musthofa ﷺ datang menjengukku dan aku dalam keadaan sadar (yaqodhoh). Aku berpelukan dengan Beliau ﷺ di tempat ini (sambil menunjuk tempat yang biasa beliau duduki). Sayidina al-Faqih al-Muqoddam juga pernah datang ke tempat ini setelah shalat Ashar dan aku dalam keadaan terjaga. Aku sedang duduk di atas sajadah, tiba-tiba Sayidina al-Faqih al-Muqoddam datang diapit dua orang lain.

Salah seorang di antara mereka berkata, “Kenalkah kau orang ini?” Katanya seraya menunjuk orang yang di tengah. “Tidak,” Jawabku. “Beliau adalah kakekmu, Sayidina al-Faqih al-Muqoddam,” Kata orang itu.” Para auliya’ bersepakat bahwa Maqom Ijtima’ (bertemu) dengan Nabi ﷺ dalam waktu terjaga, adalah sebuah maqom yang melampaui seluruh maqom yang lain.

Hal ini tidak lain adalah buah dari mutaba'ah dzohir bathin beliau terhadap sunnah-sunnah Nabi ﷺ.
Pada hari Jum'at tanggal 15 Rajab 1368 H., Habib Salim bin Muhammad bin Agil berkata, “Aku pernah membacakan kalam Habib Abu Bakar as-Saggaf  yang ada dalam catatanku. Di situ ada kata-kata “Pemberian itu tergantung masyhad”. Beliau Habib Abu Bakar berkomentar tentang masyhad : 
“Sebagian orang datang kepadaku tanpa masyhad, atau hanya dengan masyhad dunia saja, sedangkan kami tidak ingin seorang pun keluar dari lingkup kami. Kami ingin semua masuk dalam lingkup kami, terutama ahlul bait.”

Suatu saat Habib Abu Bakar as-Saggaf melihat sebagian hadirin tampak mengantuk, maka beliau menasehati, “Jangan mengantuk, jika kamu punya pandangan lain, biarkan di waktu yang lain.” Berkata Habib Ahmad bin Abdullah al-Atthas, “Jika kamu berada di majlis para 'arifin, janganlah kalian mengantuk, jangan menolak kebaikan dan berbagai pemberian mereka.”

Tanggal 25 Jumadal Ula 1368 H., Habib Abu Bakar berkata, “Sepatutnya bagi seseorang yang ingin mendatangi seorang waliyullah tidak membawa hal-hal yang bisa mengganggu wali tersebut, seperti lintasan-lintasan hati yang jelek, pengingkaran, dan sebagainya. Karena hal tersebut dirasakan oleh wali dan membuatnya tidak senang hal itu juga berpengaruh kepada semua yang hadir di sisinya.”

“Pemilik keadaan seperti ini (su'udzon/ragu terhadap wali), dia tidak akan bisa mengambil manfaat dari sang wali. Karena jika hati telah penuh dengan kejelekan dan pengakuan dengan yang dimiliki dirinya (merasa dirinya berilmu), para wali tidak akan menaruh sedikit pun ilimu-ilmu dan rahasia mereka di hati tersebut. Dan ilmu tidak akan tetap dan menetap kecuali di hati yang bersih.”

“Seharusnya seseorang masuk kepada wali dengan pengakuan, permintaan, mengharap pemberian dan mengambil manfaat, sehingga dia menggapai harapannya. Sebab, zakat hanya diberikan kepada seorang fakir yang mengakui kefakirannya. Sedangkan orang yang merasa cukup dengan dirinya, tidak akan diberikan apa pun. Aku beritahukan pada kalian bahwa aku mengetahui apa yang menyertai orang yang mendatangiku sebelum ia masuk pintu. Baik itu kebaikan maupun sebaliknya. Karenanya aku ingatkan kalian akan hal tersebut. Dan aku sarankan agar kalian masuk dengan hati jernih dan bersih, agar mendapatkan keinginan kalian.”

Habib Abu Bakar as-Saggaf juga mengijazahkan sholawat Qomariyah. Dibaca sepuluh kali ba'da shalat Shubuh dan Maghrib, untuk meraih segala hajat dan kebaikan di dunia dan akhirat. 

‎اللهم صل على سيدنا محمد قمر الوجود فى هذا اليوم وفى كل يوم و فى اليوم الموعود سرا و جهرا فى الدنيا و الاخرى وعلى اله و صحبه و سلم 

Habib Abdurrahman bin Abdullah Bilfagih berkata, “Siapa yang membaca sholawat Qomaril Wujud sepuluh kali dengan lafadz dan kaifiyah tersebut, maka dia akan mendapat sirr dari Habib Abu Bakar bin Muhammad as-Saggaf.”

Dalam majlis rauhah rutin di kediaman beliau (Habib Abu Bakar as-Saggaf) di Gresik, tanggal 03 Jumadal Ula, tahun 1355 H. Al-Habib Abu Bakar bin Muhammad as-Saggaf menuntun orang-orang yang hadir di majlis tersebut dengan kalimat berikut ini :

لَا اِلٰهَ اِلَّا اللّٰهْ اَلْمَوْجُوْدُ فِيْ كُلِّ زَمَانِ

“Tiada Tuhan selain Allah, Dzat yang selalu ada di setiap zaman.”

لَا اِلٰهَ اِلَّا اللّٰهْ اَلْمَعْبُوْدُ فِيْ كُلِّ مَكَانِ

“Tiada Tuhan selain Allah, Dzat yang selalu disembah di setiap tempat.”

لَا اِلٰهَ اِلَّا اللّٰهْ اَلْمَذْكُوْرُ بِكُلِّ لِسَانِ

“Tiada Tuhan selain Allah, Dzat yang selalu disebut di setiap lisan.”

لَا اِلٰهَ اِلَّا اللّٰهْ اَلْمَعْرُوْفُ بِالْإِحْسَانِ

“Tiada Tuhan selain Allah, Dzat yang terkenal dengan kebaikanNya.”

لَا اِلٰهَ اِلَّا اللّٰهْ كُلَّ يَوْمٍ هُوَ فِيْ شَأْنِ

“Tiada Tuhan selain Allah, Dzat yang setiap hari berada dalam kekuasaanNya.”

لَا اِلٰهَ اِلَّا اللّٰهْ اَلْاَمَانُ اَلْاَمَانُ

“Tiada Tuhan selain Allah, berilah kami kemanan dan keselamatan.”

مِنْ زَوَالِ الْإِيْمَانِ وَ مِنْ فِتْنَةِ الشَّيْطَانُ

“Dari hilangnya iman dan dari godaan setan.”

يَا قَدِيْمَ الْإِحْسَانُ كَمْ لَكَ عَلَيْنَا مِنْ إِحْسَانٌ

“Wahai Dzat yang tidak mempunyai permulaan di dalam kebaikanNya, betapa banyak kebaikan-kebaikan dariMu kepada kami.”

اِحْسَانُكَ الْقَدِيْمٌ يَا حَنَّانُ يَا مَنَّانٌ

“Sungguh kebaikanMu tidak berawal, Wahai Tuhan yang Maha Santun dan Maha Pemberi Nikmat.”

يَا رَحِيْمُ يَا رَحْمَنٌ يَا غَفُوْرُ يَا غَفَّارٌ

“Wahai yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, Wahai yang Maha Pengampun dan Maha Pemaaf.”

اِغْفِرْلَنَا وَارْحَمْنَا وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِيْنَ

“Ampunilah dan sayangilah kami, dan sesungguhnya Engkau paling baiknya Dzat yang menyayangi.”

وَصَلَّى اللهُ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنٌ

“Dan semoga sholawat dan salam dariMu senantiasa tercurahkan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad (ﷺ) dan atas segenap keluarga serta para sahabatnya. Dan segala puji hanya bagi Allah Tuhan seluruh alam.”

Setelah al-Habib Abu Bakar bin Muhammad as-Saggaf menuntun hadirin dengan dzikir di atas, beliau bercerita :
Sesungguhnya ada seorang laki-laki yang sholeh, beliau adalah al-Qodhi Abdullah al-Baghdadiy. Beliau berkata :
"Aku pernah melihat Nabi Muhammad ﷺ di dalam mimpi dan beliau terlihat pucat sekali, lalu aku berkata kepada Nabi Muhammad ﷺ, “Kenapa wajahmu terlihat pucat sekali wahai Nabi ﷺ?” Lalu Nabi Muhammad ﷺ menjawab, “Di malam ini telah meninggal 1.500 orang dari umatku, dua dari mereka meninggal dalam keadaan iman dan sisanya meninggal tanpa membawa iman (su'ul khotimah).”

Aku berkata lagi kepada Nabi Muhammad ﷺ, “Lalu apa kiat-kiat dari engkau untuk orang-orang yang bermaksiat agar mereka meninggal dengan membawa iman?”

Nabi Muhammad ﷺ berkata, “Ambillah kertas ini dan baca isinya, siapa orang yang membacanya dan membawanya, lalu dia memindah dari satu tempat ke tempat yang lain (menyebarkan dan mengajarkan) maka termasuk golonganku dan akan meninggal dalam keadaan membawa iman, akan tetapi siapa orang yang telah mendengarkannya dan dia tidak membacanya, tidak menyebarkannya maka dia lepas dariku dan akupun lepas darinya.”

Seketika itu aku langsung terbangun dari tidurku dan aku lihat kertas tersebut telah ada digenggamanku dan di dalamnya berisi tulisan (dzikir) yang penuh barokah ini.

Beliau wafat pada malam Senin, tanggal 17 Dzul Hijjah 1376 H. Usia beliau saat itu 91 tahun. Jasad beliau dimakamkan di serambi masjid Agung Gresik. Menjelang wafatnya beliau berpuasa selama 15 hari dan sering kali berkata, “Aku merasa bahagia akan berjumpa dengan Allâh.”

Rasûlullâh ﷺ bersabda :

مَنْ أَحَبَّ لِقَآءَ اللهِ أَحَبَّ اللهُ لِقَآءَهُ.

“Barang siapa senang bertemu Allâh, maka Allâh juga senang bertemu dengannya.” (HR. Bukhârî dan Muslim)

Demikianlah sedikit dari sejarah hidup beliau yang berhasil kami himpun dan terjemahkan. Semoga Allah meninggikan derajat Habib Abu Bakar bin Muhammad bin Umar as-Saggaf, dan mengumpulkan kita semua kelak bersama beliau, dan juga bersama dengan Rasulullah ﷺ, aamiin.
Baca juga :




Subscribe to receive free email updates:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *