Membangun pemuda / pemudi untuk mengenal ajaran islam lebih dalam. Membina silahtuhrrahim terhadap semua elemen umat islam. Membangun sikap positif dan membuka wawasan umat tentang sistem dakwah dalam dunia islam. Memahami arti pentingnya fungsi lingkungan islami dalam membentuk pribadi umat masa depan. Menggapai ridho Allah dan syafa’at Rosulullah SAW sebagai hasil dari aktifitas kebaikan yang terus menerus sedang kita lakukan. Menjaga budaya Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan menjaga budaya islam yang diajarkan oleh orang tua kita terdahulu.

Sya'ban Adalah Bulan Sholawat


Sya'ban Adalah Bulan Sholawat

Sya'ban adalah bulan sholawat kepada Nabi ﷺ, sebagaimana dijelaskan oleh Sayyid Muhammad bin Alwi al-Maliki:

"و من مزايا شهر شعبان: أنه الشهر الذي نزلت فيه اية الصلاة و السلام على النبي ﷺ، و هي قوله تعالى: {إن الله و ملائكته يصلّون على النبيّ يا أيها الذين اٰمنوا صلّوا عليه و سلّموا تسليما} (الأحزاب: الآية ٥٦)
و ذكر ابن أبي الصيف اليمني أنه قيل: إن شهر شعان شهر الصلاة على النبي ﷺ لأن الآية {إن الله و ملائكته يصلّون على النبيّ يا أيها الذين اٰمنوا صلّوا عليه و سلّموا تسليما} نزلت فيه."

"Dan diantara keistimewaan bulan Sya'ban adalah: Yaitu ia adalah bulan yang didalamnya turun ayat tentang sholawat dan salam atas Nabi ﷺ, dan ayat itu adalah firman Allah Ta'ala:

{إن الله و ملائكته يصلّون على النبيّ يا أيها الذين اٰمنوا صلّوا عليه و سلّموا تسليما} -  al-Ahzab 56


Dan Ibnu Abish Shoif menyebutkan, bahwasanya dikatakan: Sesungguhnya bulan Sya'ban adalah bulannya bersholawat atas Nabi ﷺ, karena ayat:

{إن الله و ملائكته يصلّون على النبيّ يا أيها الذين اٰمنوا صلّوا عليه و سلّموا تسليما}

turun di bulan tersebut (Sya'ban).

Sumber Kitab: Ma Dza Fi Sya'ban (Sayyid Muhammad bin Alwi al-Maliki)
Semoga kita mendapatkan keberkahannya.
Baca juga :




Subscribe to receive free email updates:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *