Membangun pemuda / pemudi untuk mengenal ajaran islam lebih dalam. Membina silahtuhrrahim terhadap semua elemen umat islam. Membangun sikap positif dan membuka wawasan umat tentang sistem dakwah dalam dunia islam. Memahami arti pentingnya fungsi lingkungan islami dalam membentuk pribadi umat masa depan. Menggapai ridho Allah dan syafa’at Rosulullah SAW sebagai hasil dari aktifitas kebaikan yang terus menerus sedang kita lakukan. Menjaga budaya Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan menjaga budaya islam yang diajarkan oleh orang tua kita terdahulu.

Adab Imam Malik Dalam Membaca Hadis


Adab Imam Malik Dalam Membaca Hadis

Ada salah seorang jamaah bertanya kepada saya apakah kalau kita membaca Al Quran perlu berwudhu atau harus berwudhu tentu pertanyaan ini baru kita dapati di akhir-akhir masa sekarang karena di masa ulama Salaf hampir tidak pernah kita temukan. Mereka bertanya kepada ulamanya tentang berwudhu saat membaca Al Quran. Kenapa karena para ulama Salaf sholeh itu sangat luar biasa adabnya akhlaknya etika mereka ketika membaca Alquranul Karim.

Bahkan jangankan Quran Hadits misalkan seorang Imam pendiri mazhab Malikiyah yang bernama Malik bin Anas Alasmahi yang lahir pada tahun 93 Hijriyah dan meninggal 179 Hijriyah. Beliau ini salah satu murid daripada Ja'far Shadiq dan salah satu Imam guru besar daripada Imam Syafi'i beliau ini Malik dan asal sembahya adalah terkenal sebagai Imam Darul Hijrah Imam kota Madinah dikatakan tanah Malik bin Anas apabila beliau hendak mengajar hadis Nabi Muhammad itu saat membaca Hadis Rasulullah Wasallam beliau terus menyalakan buhurnya menyalahkan gahrulnya untuk menumbuhkan wewangian yang di majelisnya sampai selesai majelisnya ketika selesai dari hadis tentang Rasulullah ditanya kepada Imam Malik: Kenapa wahai Imam Anda kalau baca hadis begitu Biasanya penghormatannya. Apa kata beliau karena aku ingin memuliakan shohibul hadits yaitu Rasul Shallallahu Alaihi Wasallam karena saya ingin memuliakan yang mempunyai hadits ini yang berbicara hadits ini siapa itu Rasul Shallallahu Alaihi Wasallam.

Begitulah para ulama Salaf di dalam memuliakan hadis Rasulullah Bagaimana dengan Alquran Semoga Allah jadikan kita semua orang-orang yang berakhlak terhadap Al Quran dan hadis Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam.
Baca juga :




Subscribe to receive free email updates:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *