Membangun pemuda / pemudi untuk mengenal ajaran islam lebih dalam. Membina silahtuhrrahim terhadap semua elemen umat islam. Membangun sikap positif dan membuka wawasan umat tentang sistem dakwah dalam dunia islam. Memahami arti pentingnya fungsi lingkungan islami dalam membentuk pribadi umat masa depan. Menggapai ridho Allah dan syafa’at Rosulullah SAW sebagai hasil dari aktifitas kebaikan yang terus menerus sedang kita lakukan. Menjaga budaya Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan menjaga budaya islam yang diajarkan oleh orang tua kita terdahulu.

Orang Baik Tidak Ada Prasangka Jelek


Orang Baik Tidak Ada Prasangka Jelek

Kerap kali guru kita Sayyidil Walid Habib Hasan Bin Ja'far Assegaf pada ceramahnya mengucapkan "Orang bae ga ada sangka jelek" begitu girohnya beliau menginginkan murid-muridnya menjadi orang yang baik, senantiasa berbuat baik dan selalu berada dijalan kebaikan (Istiqomah).

Beliau mengajarkan kita untuk menjadi orang baik dimulai dengan berprasangka baik, tentunya makna ini sebenarnya mendalam apabila kita cermati. Sebagaimana Rasul Sholallahu Alaihi Wassalam berkata:

وَعَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ(رضي الله عنه) قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللَّهِ ﷺ: إِيَّا كُمْ وَالظَّنَ، فَإِنَّ الظَّنَّ اَكْذَبُ الْحَدِيْثِ. مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ


Dari Abu Hurairah (رضي الله عنه) dia berkata, Rasulullah ﷺ bersabda: "Hati-hatilah terhadap prasangka, sebab prasangka perkataan paling bohong." (Muttafaq Alaih)

Habibana Hasan Bin Ja'far Assegaf terus menerus dengan berbagai kalimat beliau ucapkan untuk mengajak kita memulai kebaikan dengan prasangka baik dan terbiasa untuk konsisten berprasangka baik, karena dari mulai prasangka baik tersebut maka tabi'at kita akan perlahan berubah menjadi baik, berlanjut dalam keseharian menjadi pribadi yang lebih baik dan Istiqomah dalam kebaikan.

اَلمَوْتُ كَمَا عَاشَ عَلَيْهَ


Kematian datang sebagaimana kebiasaannya

Tentu dua hadist ini memiliki korelasi yang berkaitan kuat, karena sejatinya setiap individu menginginkan akhir perjalanan hidup yang baik (Husnul Khotimah), itu semua bisa kita raih atas kebiasaan kita semasa hidup. Dan sebenar-benarnya kehidupan adalah dimulai ketika kita mati.
Baca juga :




Subscribe to receive free email updates:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *