Membangun pemuda / pemudi untuk mengenal ajaran islam lebih dalam. Membina silahtuhrrahim terhadap semua elemen umat islam. Membangun sikap positif dan membuka wawasan umat tentang sistem dakwah dalam dunia islam. Memahami arti pentingnya fungsi lingkungan islami dalam membentuk pribadi umat masa depan. Menggapai ridho Allah dan syafa’at Rosulullah SAW sebagai hasil dari aktifitas kebaikan yang terus menerus sedang kita lakukan. Menjaga budaya Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan menjaga budaya islam yang diajarkan oleh orang tua kita terdahulu.

Adab Dalam Menasehati


Adab Dalam Menasehati

Saling memberikan nasehat merupakan salah satu pokok ajaran Islam.

Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda,

الدِّيْنُ النَّصِيْحَةُ قُلْنَا : لِمَنْ ؟ قَالَ للهِ وَلِكِتَابِهِ وَلِرَسُوْلِهِ وَلِأَئِمَّةِ المُسْلِمِيْنَ وَعَامَّتِهِمْ.

“Agama adalah nasihat.” Kami bertanya, “Untuk siapa?” Beliau menjawab, “Bagi Allah, bagi kitab-Nya, bagi rasul-Nya, bagi pemimpin-pemimpin kaum muslimin, serta bagi umat Islam umumnya.” (HR. Muslim, 55)

Untuk mendapatkan faedah yang maksimal dalam menunaikan nasehat ada beberapa adab yang harus dijaga, yaitu kerahasiaan sehingga tidak menjadikan orang yang dinasehati merasa dipermalukan dihadapan khalayak umum.

 Al-Hanbaly رحمه الله meriwayatkan beberapa ucapan para Salaf dalam mempraktekkan amalan ini:
Berkata Ma'mar رحمه الله,

كان السلف إذا أرادوا نصيحة أحد ، وعظوه سرًّا 
حتى قال بعضهم : من وعظ أخاه فيما بينه وبينه ، فهي نصيحة ومن وعظه على رؤوس الناس فإنما وبَّخه.

"Dahulu para salaf jika hendak memberikan nasehat kepada seseorang, maka merekapun menasehatinya secara rahasia. Sampai-sampai  sebagian mereka mengatakan;
"Barangsiapa yang menasehati saudaranya berduaan saja maka itulah nasehat. Dan barangsiapa yang menasehatinya di hadapan orang banyak maka tiada lain dia telah mempermalukannya."

Berkata Al-Fudhail bin 'Iyadh رحمه الله :

المؤمن يستر وينصح، والفاجر يهتك ويعير

"Seorang mukmin akan menutupi aib saudaranya dan menasihatinya. Adapun orang yang jahat akan membongkar aibnya dan mempermalukannya."

Semoga Bermanfaat




Subscribe to receive free email updates:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *