Membangun pemuda / pemudi untuk mengenal ajaran islam lebih dalam. Membina silahtuhrrahim terhadap semua elemen umat islam. Membangun sikap positif dan membuka wawasan umat tentang sistem dakwah dalam dunia islam. Memahami arti pentingnya fungsi lingkungan islami dalam membentuk pribadi umat masa depan. Menggapai ridho Allah dan syafa’at Rosulullah SAW sebagai hasil dari aktifitas kebaikan yang terus menerus sedang kita lakukan. Menjaga budaya Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan menjaga budaya islam yang diajarkan oleh orang tua kita terdahulu.

Jangan Pelit Mengeluarkan Duit Untuk Majlis Talim



Ta'lim kalau kita tidak mau modal tidak bisa. Bahkan kata ulama, semakin gede modalnya maka semakin beda berkahnya tuh.

Misalkan, kita talim yuk di sini. Untuk bikin talim perlu mic, perlu ini itu yuk kita patungan seribu-seribu, dua puluh ribu, tiga puluh ribu lebih berkah tuh daripada seribu. Sama-sama denger tapi berkahnya beda tuh. 

Makanya ustadz-ustadz dan ulama-ulama besar di rumahnya bikin majlis ta'lim. Padahal kalau di rumahnya dibikin majelis ta'lim dia yang masak, dia yang ngajar, dia yang ngeluarin duit padahal ilmunya untuk orang. Orang tinggal dateng, makan, abis itu pulang.

Tapi dia tau semakin ngeluarin duit dia semakin berkah. Orang yang ngeluarin duit untuk majlis ilmu itu merupakan semakin (bulghoh) besar.

"Majlis ta'lim nih"

"Dimana?"

"Bukit Duri, yuk jalan"

"Lu punya mobil?"

Berebut yang punya mobil karena tau berkahnya, "Enggak punya ane aja". Ini mah enggak, "Udah ente aja" biar mobil ane aman, bensin ane tidak berkurang, Tol masih dipikirin juga.

Tapi ketahuilah mobil yang dipakai, tol yang dipakai, dan sampai ta'lim tidak dapat makan lalu diajak tuh makan ini berkahnya beda. Beda tuh berkahnya.

Makanya kalau kita tau kalau ada ta'lim berebut tuh yang punya mobil. Kalau tidak, saya bensinnya. Jangan pas mau ngisi bensin dompet pakai ketinggalan atau kartu tol pakai kelupaan maunya gratisan aja cuman duduk berkah tuh anak numpang gak ngeluarin apa-apa tapi kalah berkahnya dari yang punya mobil apalagi ngeluarin duit bensin, kartu tolnya dia juga.

Ta'lim terus begitu coba deh berkahnya. Mobilnya bisa nambah, mobilnya bisa ganti. Rezeki nambah tuh karena dia keluar. Yang gak keluar? ya segitu-segitu aja, numpang mulu. Si A ganti mobil, pindah. Si B punya mobil, numpang. Dia tidak punya apa-apa. Tapi berkah juga walaupun dia tidak punya apa-apa dia ngikut naik mobil keren tidak keluarin duit bensin, tidak keluarin duit tol, abis sampai pulang begitu aja seterusnya.

Tidak modal (bulghoh). Jadi yang keluar duit itu jadi lebih, makanya kita tuh kalau keluar bawa motor ajak orang lain, "Yuk ikut ta'lim" tidak usah ngeluarin motor sama kita aja. Dia tau tuh biaya semua bensin yang jalan berkah.

Engkau tidak akan dapet ilmu kecuali zakat, wahirs, wastiba, kemudian wal bulghoh mengeluarkan biaya. Tentunya sesuai dengan kemampuan. Kalau tidak mampu, yaudah. Jangan alesan "Ane gak ikut ngaji deh, abis kalau ada tromol ane gak bisa masukin. Daripada begitu ane tidak ikut deh." Sebenernya ini alesan aja, males aja gitu. Tromol emang kenapa, tidak ada yang tau ngasih tidak ngasih.

Ini luar biasa (bulghoh), artinya jangan jadi alesan juga gara-gara bulghoh tidak mau ta'lim. Kalau ada, jangan pelit. Itu jadi yang disampaikan.

Orang yang itung-itungan itu susah.

"Kemana ta'limnya?"

"Ke Depok"

"Waduh.. Pakai motor, bensin, belum parkirnya, males deh."

Yang seperti ini kapan pinternya. Kagak mau keluar modal, ini gak bisa nih seperti ini. 

Dikutip dari Habib Abdurrahman bin Ahmad Assegaf
Baca juga :




Subscribe to receive free email updates:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *